SEMARANG, semarangnews.id – Komunitas Kejar Mimpi Kota Semarang telah melangsungkan kegiatan BREXPLOR (Branding, and Learning, and Networking) edisi kedua. Kegiatan ini berlangsung secara hybrid di Kampus UMKM Semarang (offline) dan melalui Zoom Meeting (online) pada hari Jum’at siang (30/8/2024) mulai pukul 13.00 wib hingga 17.00.wib.
Dalam kesempatan tersebut, Brexplor mengangkat tema ‘A Workshop Collaboration With Business Community’. Tema tersebut dimaksudkan jika ini merupakan kegiatan kolaborasi bersama antara Komunitas Kejar Mimpi Semarang dengan kampus UMKM dari Shopee Indonesia.
Kemudian, sasaran dari kegiatan ini lebih ditujukan pada pelaku UMKM di Kota Semarang maupun pelaku komunitas bisnis.
Seperti yang disampaikan ketua pelaksana kegiatan yaitu Ardiah Umi, bahwasannya tujuan dari kegiatan ini salah satunya untuk memberikan ilmu dan pengalaman baru kepada para peserta, terutama bagi pelaku bisnis dan UMKM mengenai perkembangan dunia bisnis saat ini.
Selain itu, mampu mewadahi para peserta untuk berdiskusi mengenai tantangan yang dihadapi selama mendalami dunia bisnis.
“Pada kegiatan Brexplor kali ini, harapannya para peserta mendapatkan ilmu baru dalam dunia bisnis dan ekonomi kreatif, termasuk kondisi bisnis saat ini di Indonesia. Tak hanya itu, kita mendatangkan narasumber yang ahli dalam bidang bisnis dan digital marketing via e-commerce, tentu bisa menjadi wadah bagi teman teman untuk berdiskusi langsung kepada ahlinya,” ujar Ardiah.
Brexplor 2.0 mendatangkan narasumber dengan latar belakang yang hampir mirip yaitu dalam bidang ekonomi kreatif, hanya berbeda pada ruang lingkup pengalaman yang dimilikinya.
Narasumber yang dihadirkan dalam kegiatan ini adalah Misbakhul Arrezq yang merupakan seorang pebisnis dan dosen. Kemudian, Mirza Rijal Auladi, seorang Business Development.
Acara ini dimulai dengan pembukaan oleh Master of Ceremony (MC), dilanjutkan sambutan oleh Ega Ratu selaku Leader Komunitas Kejar Mimpi Semarang dan Ardiah Umi selalu Ketua Pelaksana Brexplor.
Dan pada pada 5 Agustus ini, merupakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-5 Kejar Mimpi Semarang, karenanya sebagai bentuk simbolis dilakukan pemotongan tumpeng oleh Leader Kejar Mimpi Semarang.
Tiba di acara inti yaitu sesi talkshow dan penyampaian materi oleh narasumber. Sesi pertama penyampaian materi oleh Misbakhul Arrezqi yang dipandu oleh Thouf Salsabila selaku moderator pada sesi pertama. Materi pertama mengenai manajemen produk, ia menyampaikan terkait mengidentifikasi produk potensial hingga mengembangkan strategi pemasaran.
Di sesi kedua, acara dipandu oleh Arnelita selaku moderator dengan narasumber Mirza Rijal Auladi yang menyampaikan materi mengenai perkembangan bisnis di era sekarang dan strategi media sosial.
Ia menyampaikan bahwasannya peran media sosia bagi pengusaha saat ini begitu penting untuk kemajuan usaha yang dimilikinya, kemudian menjelaskan tantangan yang perlu disiapkan untuk menghadapi era digital dengan kesempatan yang terbatas.
“Era saat ini sudah tidak harus promosi melalui manual, tetapi kita bisa memanfaatkan media sosial yang kita miliki untuk menjangkau pasar yang semakin luas lagi. Selain itu, kesempatan ini bisa kita gunakan untuk berkembangnya usaha kita hingga tingkat internasioanl melalui kegiatan impor sebuah e-commerce,” ucap Mirza.
Kedua sesi ini masing-masing diakhiri dengan penyerahan sertifikat dan plakat kepada para narasumber sebagai bentuk kenang-kenangan dari Komunitas Kejar Mimpi Semarang yang diserahkan langsung oleh Leader Kejar Mimpi Semarang dan didampingi oleh Ketua Pelaksana Brexplor. Dan di penghujung, acara ditutup dengan sesi foto bersama antara narasumber, peserta dan panitia kegiatan.